Kapan Terakhir kamu hormat untuk merah putih?

Maukah kamu berdiri disampingku untuk hormat kepada merah putih selama 5 detik?

Kepada Sang Saka Merah Putih, Hormat Grak!!

Ada yang berbeda dengan CFD Minggu ini, selain keharusan kami untuk menjelajahi setiap sudut jalan pahlawan demi menemukan para ispirator, kami mencoba mengemasnya dengan social experiment. Apa tantangan yang kami berikan disini? Yaitu kami ingin mengetahui seberapa besar sih, masyarakat khususnya warga semarang aware terhadap sang saka merah putih?

Melihat Kondisi masyarakat saat ini yang mulai “masa bodoh” dengan kain berwarna merah putih itu, padahal simbol itu adalah harga mati sebuah negara yang berdaulat. Merdeka!! (sedikit berorasi). Perbandingan potret pada jaman dahulu di awal awal era kemerdekaan Indonesia, semua masyarakat Indonesia akan segera hormat ketika melihat sang saka merah putih berkibar dimana-dimana. Lalu bagaimana dengan sekarang? Yak.. Kami mencoba untuk menilik kembali rasa nasionalisme, rasa memiliki kain warna merah putih itu di area CFD Jl. Pahlwan Semarang.

Sejak sabtu malam, saya dan Kak ana sudah bersiap-siap untuk membuat properti untuk acara esok hari di CFD. Kami membuat tiang bendera dengan menggunakan tongkat Pramuka yang kami pinjam dari Racana UIN Walisongo, berbekal keahlian dalam tali temali, pionering tiang bendera pun siap untuk mengibarkan sang merah putih. Menagapa kami mengadakan Social Experiment ini? Karena, Upacara Bendera merupakan salah satu bentuk ciri khas Kelas Inspirasi se-Indonesia (Fitra/KoordKIS4), adalah bentuk kecintaan kami terhadap bangsa dan tanah air, mengajarkan anak-anak bahwa kami bangga menjadi Indonesia.

Pukul 06.00 WIB kami sudah siap berkumpul di depan gedung Telkomsel Semarang, CFD kali cukup ramai di hadiri oleh beberapa panitia KIS 4 beserta dengan Koordinator KIS 4 Fitra Ardianto. Tersebutlah Kak Huda, Kak Ulum, Kak Fajar (Div.Dokumentasi), Kak Adit, Kak Hakim, Kak Tiara, Kak Risa, Kak Feliq, Kak Ana dan Saya (Div. Sosialisasi), ada juga Kak Inung (Div.Rektutmen), serta tak ketinggalan Kak Susi (Div.Acara).

Social Experiment pun dimulai!

————————————————————————————————————————————————–

Respon Masyarakat Semarang cukup bermacam-macam, beberapa ada yang berhenti untuk hormat kepada sang merah putih, beberapa ada yang cuek dan hanya tertawa tertawa saja. Sementara kawan kami kak Fitra dan kak Suci mengawali Hormat Kepada Sang Merah Putih selama hampir satu jam, demi mengajak masyarakat ikut memberikan hormat kepada sang merah putih. Hal yang paling unik adalah ketika datang keluaraga kecil lengkap beserta ayah ibu dan satu anaknya yang masih berusia 3 tahun, memberikan hormat kepada sang saka merah putih. Seuasai memberikan hormat, saya datang untuk bertanya mengapa anda mau hormat? Beliau bilang cukup sederhana, karena bagi NKRI adalah segalanya, segaralah saya mengajak bapak tersebut untuk bergabung bersama kami menjadi relawan pengajar kelas insirasi semarang 4.

Sementara dilain sisi, kawan-kawan dari Div.Sosialisasi segera mengeluarkan jurus diplomasinya untuk menjaring para inspirator di area CFD. Berkat adanya social experiment, cukup banyak yang mendatangi stand kami untuk bertanya-tanya tentang kelas inspirasi semarang. Beberapa Form Offline pun terisi cukup banyak, Alhamdulilah, Puji Tuhan… CFD minggu ini sangat Ramai. Kami masih akan menjaring Relawan Inspirator di Area CFD Minggu Depan, nantikan kami minggu depan lagi ya, tentu saja dengan cerita yang lebih menarik lagi. Sssssstttt…. minggu depan terakhir kami hadir di CFD Jl.Pahlawan loh… yuk.. segera merapat. Salam Inspirasi.

===================================================================================

(baca Bagian 1)

(baca Bagian 2)

Pranala Luar : Panitia Kelas Inspirasi Semarang Tantang Pengunjung CFD, Lima Detik Hormat Merah Putih

===================================================================================

Penulis :
Himmatul Ulya

Sumber foto :
Dokumentasi Kelas Inspirasi Semarang

MARI BERBAGI :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *