Jumat, 21 Juli 2017 dipadu dengan deras hujan yag mengguyur daerah Tembalang, Kelas Inspirasi Semarang 4 kembali berbagi cerita di radio RCT FM 101.2 yang dipandu oleh DJ, menghadirkan narasumber yang ga kalah kece, ada kak Niken, kak Ana dan saya sendiri tentunya, Risa.

Hitz Music Station, begitulah jargon radio yang terkenal dengan radionya anak muda ini. Di acara talkshow “Nongki” Nongkrong Bareng Komunitas, ini lah kami berbincang-bincang mengenai apa sih Kelas Inspirasi itu? Dari mana pula bisa terbentuk? Apa tujuan atas nama inspirasi tersebut? Akan kami bahas satu per satu yahh.

Setelah kesekian kali siaran ini, pendengar setia radio di rumah pasti sudah tidak asing lagi dengan Kelas Inspirasi, khususnya lokal Semarang ini. Kelas Inspirasi merupakan gerakan sosial yang bertujuan untuk menciptakan generasi cendekia dengan mengenalkan kemudian mengajarkan profesi dari profesional kepada siswa-siswi Sekolah Dasar. Tentunya tidak di Semarang saja terselenggaranya Kelas Inspirasi (KI), KI pun tersebar di beberapa kota, seperti Jakarta, Pemalang, Jogya dan masih banyak kota-kota lainnya. Nah di Semarang ini, KI menginjak kali ke-empat. KI sendiri terbentuk karena adanya inspirator-inspirator hebat. Nama “Inspirasi’ sendiri tercantum berdasar pada tujuan agar selalu bisa menginspirasi siswa – siswi SD.

Kapan sih hari yang dinanti-nanti oleh relawan untuk terjun langsung mengenalkan profesinya ke adik-adik SD? Hari Inspirasi, yap begitu kami menamakan hari tersebut. Pada KIS 4 tahun ini, Hari Inspirasi jatuh pada hari Sabtu 30 September 2017.

Menarik yaah. Begitu kata DJ satu ini. Ada gak sih syarat-syarat tertentu untuk mendaftar menjadi relawan? Hmm gak muluk-muluk sih. Oh iya, kami ada dua kategori relawan. Yang pertama yaitu Relawan Pengajar, syarat nya cukup minimal pengalaman minimal kerja dua tahun, bersedia hadir di hari Briefing, Inspirasi dan Refleksi. Yang kedua, yaitu Relawan Dokumentator, terdiri dari fotografer dan videografer, yang ini mahasiswa boleh ikutan lohhh. Kami masih buka pendaftaran lohh, sampai dengan tanggal 31 bulan ini.

Oh iya, kegiatan tak akan berlangsung tanpa adanya manusia-manusia dibalik layar. Relawan Panitia atau Panitia Lokal yang biasa disebut Panlok terdiri dari 4 Divisi yaitu Divisi Acara yang bertugas mencari sekolah, berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan juga mempersiapkan pelaksanaan briefing dan refleksi. Divisi lainnya adalah Sosialisasi yang bertugas melakukan publikasi selama kegiatan akan berlangsung hingga selesainya acara, melakukan sosialisasi di media dan lokasi tertentu yang dapat menjaring relawan pengajar. Selain itu ada Divisi Dokumentasi yang bertugas merekrut fotografer dan videografer juga bertanggung jawab terhadap hasil dokumentasi Kelas Inspirasi. Terakhir ada Divisi Rekrutmen yang bertugas menyeleksi semua calon relawan pengajar, menentukan jumlah pengajar yang disesuaikan dengan jumlah rombongan pengajar.

Kenapa harus siswa Sekolah Dasar? Bukan SMP atau SMA? Jadi siswa SD itu masih penuh mimpi-mimpi yang memacunya untuk mengetahui apa jalan atau langkah hingga menuju cita-cita sehingga kami memiliki tujuan menginspirasi mereka untuk mengetahui profesi apa saja yang bisa mereka raih dan bagaimana cara meraihnya.

Adakah event-event terdekat yang bisa pendengar di rumah bisa ikut serta? Tentu. Di akhir bulan ini Kelas Inspirasi membuka stand di event Car Free Day di lapangan Simpang Lima. Akan banyak kejutan di sana, datangin langsung stand nya yahh biar gak kepoo hehe.

Karena ini adalah gerakan sosial, gerakan sukarela, maka kami juga menggalang dana dari bermacam cara. Salah satunya dengan adanya penjualan Merchandise Kelas Inspirasi Semarang yang lucu-lucu. Pantengin sosmed KIS terus deh makanya hehe.

Nah, gimana sih cara mendaftar nya? Via online bisa melalui web kita di kelasinspirasismg.org langsung saja pilih formulir pendaftaran lalu tinggal mengisi form sesuai keadaan yang nyata. Juga bisa kepoin kita di sosmed , path, instagram di @ki_semarang, facebook, youtube di Kelas Inspirasi Semarang. Lebih lengkap, kunjungin web nya yahhh, ada CP yang bisa dihubungi juga kok. Terimakasih.

 

 

 

Penulis :
Risalatul Muawanah

Sumber foto :
Dokumentasi Kelas Inspirasi Semarang

(Visited 113 times, 1 visits today)
MARI BERBAGI :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *