Ini kali ketiga Kelas Inspirasi Semarang mendapat kesempatan untuk berbagi cerita secara online bersama Radio Sonora 98.9 FM. Kesempatan pertama, adalah saat akan diselenggarakannya Kelas Inspirasi Semarang 2 pada tahun 2015, kemudian Kelas Inspirasi Semarang 3 pada tahun 2016 dan kesempatan ketiga berlangsung Sabtu lalu, tepatnya tanggal 20 Mei 2017 pukul 17.00 WIB. Iyap, share kami secara online ini berkenaan dengan akan diselenggarakannya Kelas Inspirasi Semarang 4.

Pada acara bertajuk “Zona Weekend”, kami ngobrol-ngobrol santai dengan kak Avis sebagai Pemandu Acara dari Radio Sonora 98.9 FM. Sedangkan perwakilan dari Kelas Inspirasi Semarang (KIS), antara lain kak Himma, kak Dwi, kak Tami, kak Hakim dan kak  Inung

Seru? Sudah pasti seru… Kami mengobrol tentang apa itu Kelas Inspirasi? Kelas Inspirasi adalah suatu gerakan dimana para profesional mau berbagi dan bercerita tentang pekerjaan sehari-harinya kepada anak-anak SD. Kelas Inspirasi itu sendiri hadir terinspirasi dari kegiatan Indonesia Mengajar yang mengirimkan relawan-relawan untuk mau mengajar di daerah terpencil dan terpelosok di seluruh Indonesia selama 1 tahun yang disebut dengan Pengajar Muda. Berbeda dengan Pengajar Muda, para Inspirator atau Relawan Pengajar Kelas Inspirasi hanya cukup sehari cuti dan mau terjun langsung di SD-SD marginal yang terpilih.

Kami juga memperbincangkan apa itu Kelas Inspirasi Semarang? Kelas Inspirasi Semarang ada sejak tahun 2014, dan saat ini akan menyelenggarakan kegiatan untuk keempat kalinya. Penyelenggaraan pertama pada tahun 2014 di 13 SD yang tersebar di Kota Semarang. Kemudian tahun 2015 di 14 SD dan tahun 2016 di 24 SD. Untuk Penyelenggaraan yang Ke-4 ini rencana akan membuka pendaftaran relawan pengajar dan dokumentasi pada 1 Juni 2017.

Pada saat siaran kemarin, juga dibuka kesempatan bagi para pendengar yang ingin bertanya. Salah satu pendengar ada yang menanyakan apa syarat-syarat menjadi seorang relawan pengajar? Syarat menjadi relawan pengajar atau inspirator adalah mempunyai pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang yang sama, bersedia cuti saat Hari Inspirasi. Batasan usia tidak ada.

Selain Relawan Pengajar juga ada Relawan Dokumentator yang terdiri dari Fotografer dan Videografer yang bertugas mendokumentasikan seluruh rangkaian acara saat Hari Inspirasi. Oiya, kami menyebut hari penyelenggaraan Kelas Inspirasi sebagai Hari Inspirasi, dan ada lagi Hari Briefing dimana semua relawan dikumpulkan kemudian diberi acuan atau kisi-kisi saat mengajar nanti juga materi tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama kegiatan Kelas Inspirasi. Bagi Relawan dokumentator diberi gambaran cara mengambil moment-moment yang tepat saat hari H. Hari penting lainnya adalah Hari Refleksi, dimana semua relawan berbagi kisah tentang apa yang telah didapat saat Hari Inspirasi dan evaluasi seluruh rangkaian acara.

Dalam rangkaian kegiatan Kelas Inspirasi juga tak lepas dari orang-orang yang ada di balik layar, kami menyebutnya Relawan Panitia atau Relawan Panitia Lokal. Panitia Lokal yang biasa disebut Panlok terdiri dari 4 Divisi yaitu Divisi Acara yang bertugas mencari sekolah, berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan juga mempersiapkan pelaksanaan briefing dan refleksi. Divisi lainnya adalah Sosialisasi yang bertugas melakukan publikasi selama kegiatan akan berlangsung hingga selesainya acara, melakukan sosialisasi di media dan lokasi tertentu yang dapat menjaring relawan pengajar. Selain itu ada Divisi Dokumentasi yang bertugas merekrut fotografer dan videografer juga bertanggung jawab terhadap hasil dokumentasi Kelas Inspirasi. Terakhir ada Divisi Rekrutmen yang bertugas menyeleksi semua calon relawan pengajar, menentukan jumlah pengajar yang disesuaikan dengan jumlah rombongan pengajar.

Kami juga ditanya pengalaman seru apa saja yang dialami oleh para relawan selama mengajar. Karena dari kami sudah pernah menjadi relawan pengajar, banyak sih kejadian seru yang kami dapatkan. Seperti Kak Dwi sebagai seorang peneliti, dia bisa menceritakan kegiatannya sehari-hari dan banyak anak-anak yang tertarik dengan banyak bertanya kepadanya. Lalu kak Himma yang pernah berbagi tentang kegiatan kejurnalisannya karena saat itu masih bekerja sebagai reporter di sebuah radio swasta di Semarang.

Terakhir adalah kapan penyelenggaraan Kelas Inspirasi Semarang ke-4 dilaksanakan? Insyaallah akan dilaksanakan pada bulan September 2017, saat ini kami sedang mempersiapkannya dan semua informasi dapat diakses melalui akun media sosial kami yaitu Fanpage Kelas Inspirasi Semarang, Twitter dan instagram @ki_semarang dan laman kami atau website www.kelasinspirasisemarang.org

 

Penulis :
Inung Djuwari

Sumber foto  :
Dokumentasi Kelas Inspirasi Semarang

(Visited 81 times, 1 visits today)
MARI BERBAGI :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *