Assalamualaikum wr.wb,

Salah satu cita-cita luhur bangsa Indonesia yang tertuang dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945 adalah “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Tiga kata tersebut memiliki makna yang mendasar. Cerdas berarti memiliki ilmu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan nyata. Di samping itu, cerdas juga bermakna kreatif dan inovatif. Pendidikan merupakan salah satu bentuk nyata dari kegiatan yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Suatu bentuk pembelajaran di mana pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan terdapat di dalamnya.

Pendidikan memainkan peran besar dalam pengembangan suatu negara di setiap bidang seperti dampak globalisasi. Bicara mengenai pendidikan, yang merupakan tugas setiap orang yang terdidik, kental kaitannya dengan profesi seseorang. Tidak menutup fakta, bahwa masyarakat memilih pendidikan untuk selanjutnya mencari pekerjaan. Padahal sering pula tugas-tugas dalam profesi yang dijalani seseorang tidak berkaitan dengan pendidikannya. Namun saat ini, anak-anak kadang tidak memiliki figur atau cita-cita apa yang akan mereka pilih untuk mereka perjuangkan hingga dewasa nanti.

Kelas Inspirasi bukan kegiatan baru untuk saya…. Saya mengikuti Kelas Inspirasi Semarang #1 sebagai bagian dari kepanitiaan, di Kelas Inpirasi Semarang #2 saya mencoba ikut serta sebagai bagian dari relawan pengajar…berhenti sejenak membuat saya kembali rindu….di Kelas Inspirasi Semarang #5 kemarin saya ikut kembali, sungguh reuni yang menyenangkan… 😊

Mengikuti kelas Inspirasi adalah turun ke Sekolah Dasar (SD) selama satu hari, untuk berbagi cerita dan pengalaman kerja juga memberi motivasi untuk meraih cita-cita. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan para profesional pengalaman mengunjungi, mengajar, dan berinteraksi selama satu hari di SD, dengan membawa muatan informasi dan inspirasi tentang berbagai profesi. Harapan dari kegiatan ini adalah cerita tentang profesi yang disampaikan akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. Selanjutnya para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan      cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Interaksi dengan SD diharapkan dapat berkembang, sehingga akan menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.

Pengalaman mengajar dan tanpa disadari juga pengalaman belajar dari para siswa sekolah dasar merupakan bentuk kontribusi serta pengorbanan yang nyata terhadap perbaikan masa depan bangsa, terbangunnya sensitivitas terhadap realita kualitas pendidikan yang kontras dengan kemajuan kota besar, dan menunaikan janji kemerdekaan, serta berkembang luas pula wawasan, terbangunnya inspirasi dan motivasi para siswa akan pilihan profesi yang dapat dijadikan sebagai cita-cita.
Akhirulkalam, saya Dian Tri Wiyanti, saya siap menjadi bagian dari Kelas Inspirasi berikutnya…. 😊

Wassalamualaikum wr.wb.

Penulis : Dian Tri Wiyanti – Dosen
(MI Infarul Ghoy 2 – Kelas Inspirasi Semarang #5, SD PL Servatius Gunung Brintik – Kelas Inspirasi Semarang #2, Fasilitator SD Islam Taqwiyatul Wathon – Kelas Inspirasi Semarang #1)

(Visited 16 times, 1 visits today)
MARI BERBAGI :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *